Menu

Sabtu, 25 September 2010

BAB 7 KOMPUTER DI BADANG PERMAINAN

Tujuan Umum

Memberikan bekal kepada rnahasiswa pengetahuan tentang penggunaan komputer di bidang permainan


Tujuan khusus

Memperkenalkan mahasiswa pentingnya penggunaan komputer di bidang permainan


Lingkup Bahasan

Penggunaan komputer di bidang permainan untuk refresing dan terapi bagi pasien sinorom mental.

Untuk pelepas penat dan refresirig maka komputer dapat digunakan untuk hiburan, salah satunya adalah .untuk permainan. Banyak permainan dalam komputer yang mempunyai sifat ganda yaitu menghibur sekaligus mendidik. Dibutuhkan ketrampilan tertentu untuk memainkannya serta dituntut respon dan daya pikir yang cerdas untuk dapat mengalahkan komputer.

Permainan dalam komputer dapat dipergunakan untuk terapi bagi pasien yang nemiliki kelemahan mental. Permainan tersebut menunutut konsentrasi tinggi, dan kemampuan untuk mengikuti. petunjuk-petunjuk dari. komputer, berpikir dan bereaksi dengan cepat. Pada umumnya permainan dalam komputer mempunyai tingkat (level) kesulitan tertentu. Kemajuan kesehatan pasien dapat dikontrol dan. nilai (score) yang diperoleh pada tingkat tertentu. Jika dinilai ada kemajuan dapat diberikan level yang lebih tinggi.

Paket-paket program untuk permainan membanjir di pasaran, terutama untuk komputer-komputer personal. Ribuan paket program perminan telah tersedia untuk segala macam bentuk permainan, dari yang kurang menarik sampai yang Sangat menarik sekali (biasanya berbentuk gambar tiga dimensi)atau permainan yang menuntut peimikiran.


Definisi Permainan

Menurut Rollings & Adams (2005) : Suatu permainan merupakan suatu bentuk interactive entertainment” (Hiburan interaktif), dimana pemain harus dapat mengatasi tantangan dengan melakukan aksi sesuai dengan aturan , sehingga diperoleh kondisi membawa kearah kemenangan.

Menurut Salen & Zimmeunan (2005): Suatu permainan merupakan suatu. sistem dimana mengikat para pemain konflik buatan, ditentukan oleh aturan main yang menghasilkan sesuatu yang dapat diukur dengan nilai (angka/skor).


Pegertian desain permainan

Menurut Rolling & Adams (2005): Desain permainan merupakan suatu proses dari:

- Suatu permainan imajinasi

- Menentukan suatu cara dalam pekerjaan

- Meningkan elemen-elemen yang dapat meningkatkan mutu permainan.

- Menyebarkan informasi kepada tim pengembangan


Salin & Zimmerman (2005) : Desain permainan merupakan suatu. proses dikarenakan kreasi dan desain untuk

suatu permainan, yang di tantanngkan pada seorang pemain, dalam artian suatu permainan yang mempunyai arti penuh.

Berbagai macam permainan:

Aturan “Hopscotch”

Menggunakan kapur untuk menggambar pola permainan jengket (hotspot ) Pada latar atau pada suatu lantai . Buat1ah suatu diagram yang terdiri dan seksi- seksi yang diberi nomer. Setiap pemain memiliki tanda seperti sebuah batu, tutup botol, kancing baju dan sebagainya.

Pemain pertama berdiri di belakang garis start dan melempar tandanya dalam kotak nomer satu. Kemudian dari kotak nomer satu ke kotak nomer dua, kemudian melarutkan lompatan sampai mencapai ujung, berbalik dengan loncatan, dan meloncat arah kembali. Berhenti di kotak 2, niengambil tandanya (koinnya), meloncat ke kotak 1, dan keluar. Kemudian melanjutkan melemparkan batu ( koin) di kotak nomer 2. Semua loncatan dilakukan dengan satu kaki sampai desain terdiri dari dua kotak berdampingan (side-by-side). Kemudian dua kaki baru boleh diletakkan pada masing-maing sisi kotak. Setiap pemain harus selalu meloncati kotak di mana tanda(batu) diletakkan.

Pemain dinyatakan kalah jika tanda yang dilempar keluar dan kotak yang seharusnya ditempati, atau pada tahapan loncatan, kehilangan keseimbangan pada saat mengambil tanda, dengan meletakan (menjatuhkan) kaki kedua lainnya) pada tanah, peloncat


The Rubik’s Cube

Instruksi : putarlah bagian bagian ciari kubus sehingga

masing-masing sisi mempunyai warna yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar