Menu

Sabtu, 25 September 2010

BAB 6 PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM BIDANG INDUSTRI

Tujuan Umum

Memberikan bekal Kepada mahasiwa pengetahuan tentang

penggunaan komputer di bidang industri


Tujuan Khusus

Memperkenalkan pentingnya penggunaan komputer

di bidang industri.


Lingkup Bahasan

Penggunaan komputer di bidang industri untuk

pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses (process Control).

Penerapan komputer di bidang industri penggunaanya akan semakin luas (Jogiyanto 1992 ), memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Di dalam proses produksi, komputer dapat dipergunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau untuk pengawasan proses control ) Pengawasan numerik ( numerical control ) berarti pengawasan secaca otomatis terhadap posisi dan operasi dari

mesin-mesin yang dipergunakan, seperti mesin pemotong, mesin pres, grenda , dan sebagainya. Sistem pengawasan numerik ini dilakukan dengan meuggunakan data numerik. Sistem komputer ini mengerjaka instruksi dan mengatur hasil kerja mesin sesuai dengan data yang dimasukkan. Pengguaan komputer untuk pengawasan tersebut, hasil kerja mesin akan lebih memuaskan dan mengurangi kesalahan. Ada beberapa bahasa komputer yang dipergunakan membuat program untuk nengatur komputer pengawasan numerik, seperti APT ( Automaticcally Programmed Tool ) dan IBM’s AUTOSPOT ( Automatic System For Positioning Tools).

Pengawasan proses ( proses control ) berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu, KompĆ¼ter untuk pengawasan proses digunakan pada industri untuk membuat otomatis proses produksi dan untuk mengatur secara otmatis variabel-variabel yang mempengaruhi proses produksi tersebut yang sulit dilakukan oleh manusia secara serentak. Faktor-faktor variabel yang mempengaruhi proses produksi dapat berupa waktu pengolahan, berat badan, tekanan , suhu, ukuran, volume dan sebagainya, komputer ini banyak dipergunakan pada proses produksi baja, penyulingan minyak, produksi kertas, bahan-bahan kimia, semen, makanan dan lain- lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar